Fungsi Vitamin C

https://www.infogizi.comAsam Askorbat

Vitamin C mulai dikenal setelah dipisahkan dari air jeruk pada tahun 1928. Penyakit karena defisiensi vitamin Ctelah menghantui masyarakat para pelaut untuk beberapa abad sebelum dikenal adanya vitamin.

Penyakit yang ditimbulkan oleh defisiensi vitamin C ialah skorbut, telah merenggut sejumlah besar jiwa diantara para pelaut yang melakukan pelayaran jarak jauh dan untuk waktu lama tidak menyinggahi sesuatu pelabuhan untuk mendapatkan bahan makanan segar.

Vitamin C berbentuk Kristal putih, merupakan suatu asam organic dan terasa asam,tetapi tidak berbau. Dalam larutan, vitamin C mudah rusak karena oksidasi oleh oksigen dari udara, tetapi lebih stabil bila terdapat dalam bentuk Kristal kering.

Gugusan hydroksil pada C2 dan C3 mudah dioksidasi, sehingga terjadi dehydro vitamin C. reaksi ini reversible dan menyebabkan vitamin C mudah dioksidasi dan direduksi. Dengan demikian, vitamin C bersifat mudah mereduksi ikatan organic lain.

READ:  Bentuk dan Kebutuhan Tubuh Akan Vitamin B6

Fungsi vitamin C

Fungsi vitamin C didalam tubuh bersangkutan dengan sifat alamiahnya sebagai antioksidans. Meskipun mekanismenya yang tepat belum diketahui, tetapi tampaknya Vitamin C berperan serta didalam banyak proses metabolisme yang berlangsung didalam jaringan tubuh.

Fungsi fisiologis yang telah diketahui memerlukan vitamin ialah:

1. Kesehatan substansi matrix jaringan ikat

2. Integritas epitell melalui kesehatan zat perekat antar sel

3. Mekanisme immunitas dalam rangka daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit dan toksin

4. Kesehatan epithel pembuluh darah

5. Penurunan kadar cholesterol, dan

6. Diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi-geligi.