Metabolisme Vitamin K

https://www.infogizi.comVitamin K tidak dapat disintesa oleh tubuh, tetapi suplai Vitamin K bagi tubuh berasal dari bahan makanan dan dari sintesa oleh mikroflora usus yang menghasilkan Menaquinone.

Pada pengobatan dengan antibiotic terutama bila untuk jangka panjang, mikroflora usus dapat terbunuh dalam jumlah besar dengan akibat suplai Vitamin K untuk tubuh menjadi kurang dan dapat terjadi defisiensi Vitamin K.

Juga pada bayi yang baru lahir dapat terjadi defisiensi vitamin K, karena mikroflora usus belum terbentuk dengan baik sehingga suplai vitamin K tidak mencukupi.

Untuk penyerapan vitamin Kdiperlukan garam empedu dan lemak di dalam hidangan. Garam empedu dan lemak makanan yang dicerna membentuk misel (micelle) yang berfungsi sebagai transport carrier bagi vitamin K tersebut.

READ:  3 Golongan Besar dari Fungsi Vitamin A

Pada gangguan penyerapan lemak, terjadi juga hambatan penyerapan vitamin K. Dari vitamin K yang terdapat didalam hidangan, sekitar 20% ditemukan kembali didalam tinja. Tetapi pada gangguan penyerapan lemak, vitamin K yang ditemukan didalam tinja meningkat mencapai 70-80%.

Mekanisme penyerapan vitamin K terjadi secara aktif di bagian proksimal usus halus,. Penyerapan ini memerlukan energy. Terdapat kekecualian untuk menadion yang diserap secara pasip dibagian distal usus halus.

Transport vitamin K dari usus halus terjadi bersama dengan transport lemak yang baru diserap, yaitu melalui khilomikron ke jalur ductus thoracicus.

Setelah diserap, phylloquinone terutama terdapat didalam hati dan retensi disini berlangsung untuk waktu cukup lama. Sebaliknya menadion hanya sebentar saja ditahan didalam hati dan segera disebar kejaringan-jaringan yang memerlukannya.

READ:  Inositol dan Para Amino Benzoic Acid

Dari dosis vitamin K sebanyak 30-90 ug/100 gram berat badan yang diberikan intravena (IV) kepada tikus percobaan, 70% diekskresikan selama 24 jam didalam urine.

Didalam hati vitamin K terdapat dalam konsentrasi tinggi didalam ginjal, kelenjar suprarenal, paru-paru, sum-sum tulang dan lymphnodes, dan yang tersebar terbanyak juga adalah Menaquinone-4.

Telah diketahui sejumlah ikatan derivate dicoumarol yang merupakan antivitamin bagi Vitamin K. Dicoumarol adalah antivitamin K yang terdapat didalam “sweet clover” yang telah membusuk dan termakan oleh ternak menyebabkan penyakit perdarahan yang susah berhenti.