Vitamin K atau Menadion

https://www.infogizi.comMenadione

Terdapat sejumlah struktur ikatan organic yang semuanya termasuk ikatan quinine dan mempunyai bioaktifitas Vitamin K. Vitamin ini diusulkan oleh H.DAM pada tahun 1936 sebagai vitamin untuk pembekuan darah (K berasal dari bahasa Jerman Koagulation)

Yang mula-mula dimaksud dengan Vitamin K ialah 2-methyl, 1,4-naphthquinone. Sekarang terdapat sejumlah derivate yang semuanya mempunyai bioaktifitas Vitamin K.

Terdapat ketidakcocokan dalam nomenclature yang diusulkan oleh International Union for Protein and Applied Chemistry (IUPAC) dengan yang diusulkan oleh International Union for Nutrition Science (IUNS).

Bentuk induk dari Vitamin K disebut Menadion oleh IUPAC dan Menaquinon oleh IUNS. Kemudian terdapat dua deretan derivate karena perbedaan struktur rantai samping yang melekat pada C3 dari bentuk induk tersebut.

READ:  Metabolisme Vitamin K

Huruf n menunjukkan jumlah carbon pada rantai samping, sedangkan angka 7 menunjukkan jumlah gugusan isoprenoid dalam rantai samping tersebut. Gugusan isoprenoid dalam rantai samping tersebut. Gugusan isoprenoid mengandung 5 buah carbon, jadi 35 carbon adalah 7 satuan isoprenoid.

Vitamin K1 yang mula-mula diisolasikan dari rumput alfalfa. Oleh IUPAC diberi nama philloquinone dan oleh IUNS disebut Phythyl menaquinone.

Vitamin K2 mempunyai rantai samping yang terdiri atas unit-unit isoprenoid yang berbeda-beda jumlahnya disebut Menaquinone-n (IUPAC) atau Phrenyl menaquinone-n (IUNS), masing-masing disingkat dengan catata MK-n dan MQ-n.

Bila jumlah unit isoprenoid ada 7, disebut Menaquinone-7 (MK-7) (IUPAC) atau phrenyl menaquinone-7 (MQ-7) (IUNS). Vitamin K1 berbentuk minyak pada suhu kamar.