Kebutuhan dan Transport Vitamin A

https://www.infogizi.comTransport dan penimbunan serta absorbsi karotin berlangsung dengan proses yang berlainan dari Vitamin A. diumumkan bahwa karotin ditransport didalam plasma berkonjugasi dengan lipoprotein  dan tidak ditimbun didalam sel hati.

Pada manusia dan primate terdapat karotin didalam plasma, sedang pada binatang lainnya, plasma tidak mengandung karotin dalam jumlah yang berarti.

Vitamin A di ekskresikan dalam bentuk metabolite, hasil pemecahan didalam sel. Sebagian vitamin A dioksidasi menjadi CO2  dan H2O yang diekskresikan didalam udara pernafasan.

Urine juga mengandung beberapa metabolite yang berasal dari katabolisme Vitamin A; sebagian telah diketahui dan sebagian lagi belum sampai diindentifikasikan.

Dengan reaksi warna yang menunjukkan adanya retinol (CARR dan PRICE; NEELD dan PEARSEN), tidak dapat menunjukkan adanya vitamin A didalam urine. Sebagian Vitamin A mengalami siklus enterohepatis, yaitu diekskresikan didalam cairan empedu, tetapi diserap kembali dari usus halus.

READ:  Pentingnya Vitamin A Bagi Ibu Menyusui

Fungsi karotin didalam tubuh belum jelas benar, kecuali sebagai prekusor bagi Vitamin A.

Kebutuhan tubuh akan vitamin A masih dinyatakan dalam satuan Internasional (SI), untuk memudahkan penilaian aktivitas vitamin ini didalam bahan makanan, agar mencakup preformed vitamin A dan provitaminnya.

Satu SI Vitamin A setara dengan kegiatan 0,300 ug retinol atau 0,6 ug all trans beta karotin atau 1.0 mg karotin total (campuran) didalam bahan makanan nabati.