Vitamin A untuk Pertumbuhan Gigi dan Produksi Hormon Steroid

https://www.infogizi.comPermeabilitas membrane.

Berbagai percobaan in vitro maupun in vivo menunjukkan bahwa vitamin A berperan dalam mengatur permeabilitas membrane sel maupun membrane dari suborganel selular. Melalui pengaturan permeabilitas membrane sel, vitamin A mengatur konsentrasi zat-zat gizi di dalam sel yang diperlukan untuk metabolisme sel.

Pertumbuhan Gigi.

Ameloblast yang membentuk email sangat dipengaruhi oleh vitamin A. pada kondisi kekurangan vitamin A ketika bakal gigi sedang dibentuk, terjadi hambatan pada fungsi ameloblast, sehingga terbentuklah email gigi yang defektif dan sangat peka terhadap pengaruh factor-faktor cariogenik.

Deretan ameloblast menginduksi sel-sel odontoblast untuk membuat dentin. Gangguan pada ameloblast berakibat pula gangguan gangguan pada fungsi odontoblast, sehingga terbentuk pula jaringan keras dentin yang defektif dan sensitive terhadap serangan caries dentis.

Produksi hormone steroid

READ:  Fungsi Vitamin B12

Diketahui pula bahwa vitamin A berperan pula pada sintesa hormone-hormon steroid. Terdapat sejumlah hormone steroid yang bersangkutan dengan proses kehamilan dan proses pengaturan keseimbangan garam dan cairan tubuh. Berbagai penelitian dan percobaan menunjukkan bahwa pada defisiensi vitamin A terjadi hambatan pada sintesa hormone-hormon steroid.