Lapisan Suplemen di Beras Premix

https://www.infogizi.comBeras yang telah dicuci sebelum dimasak ditambah dahulu dengan beras premix ini dengan dosis satu sendok makan (5 gram) untuk 1 kilogram beras biasa.

Beras premix Indonesia dijual di Apotik, dan tidak dapat dibeli di pasar biasa atau ditoko maupun disupermarket. Sayang bahwa beras ini tidak cukup dipropagandakan, sehingga tidak pernah menjadi popular, dan menghilang dengan sendirinya, tidak lagi diproduksi.

Di Philipina ada beras premix lain, yang dasar susunannya sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Beras premix Philiphina bertujuan untuk mensuplementasi Thiamine (Vitamin B1) pada beras giling sempurna.

Cara sama, yaitu dengan melapiskan gelatin dengan suplemen pada permukaan beras premix. Beras Premix Philipina ini pun tidak panjang umurnya, ternyata juga menghilang dengan sendirinya.

READ:  Mamfaat Komsumsi Air Kelapa untuk Wanita Hamil

Premix Indonesia mengandung Riboflavin yang berwarna kuning-orange, sehingga setelah beras ditanak, nasi putih yang terjadi memperlihatkan bercak-bercak kuning pada berbagai tempat disekitar butir premix, yang oleh masyarakat awam disangka butir beras busuk atau beras rusak.

Juga penyuluhan dan penerangan kepada para konsumen kurang cukup, sehingga masyarakat kurang mengetahui tentang manfaat penggunaan beras premix tersebut.

1 (satu) sendok makan (5 gram) untuk 1 (satu) kilogram beras, dicampurkan pada beras yang telah dicuci, sebelum ditanak, dijual diapotik didalam kantong 60 gram.