Dua Cara Meningkatkan Kualitas Protein

https://www.infogizi.comPada cara pertama yang ditambahkan ialah asam amino pembatas yang murni, dan meningkatkan nilai skor kimia sampai mencapai nilai yang sesuai dengan kualitas protein lengkap.

Bila terdapat beberapa asam amino pembatas, maka setelah asam-amino pembatas pertama dinaikkan konsentrasinya, mungkin pula meningkatkan kadar asam amino pembatas kedua dan seterusnya.

Tetapi biasanya pada suplementasi dengan cara pertama itu hanya diperlukan untuk meningkatkan satu asam amino pembatas saja, yaitu yang pertama; asam amino pembatas yang lainnya tidak terlalu rendah, sehingga sudah mencapai nilai skor kimia yang sesuai dengan nilai kualitas protein lengkap.

Pada cara kedua dicampurkan dua atau lebih bahan makanan sumber protein yang mempunyai jenis asam amino pembatas pertama yang berbeda.

READ:  Penambahan Kebutuhan Gizi Selama Hamil

Maka asam amino pembatas yang kurang pada sumber protein yang satu, ditingkatkan oleh kadar asam amino limiting tersebut yang terdapat cukup dalam bahan makanan yang lain.

Contoh yang baik sekali bagi suplementasi dengan mencampurkan dua jenis bahan makanan ialah campuran bubur kacang hijau dan ketan hitam. Bubur ini banyak dijual diwarung-warung kaki lima di kota-kota pulau jawa; yang sekarang mulai menyebar pula ke pulau-pulau yang lain.

Susunan hidangan rakyat Indonesia banyak yang berdasarkan nasi dan tempe atau tahu serta kacang-kacangan lainnya. Mungkin hal ini berdasarkan pengalaman nenek moyang, yang menemukan bahwa komposisi ini memeberikan kesehatan yang memadai untuk biaya yang terbatas.