Penyakit Karena Kekurangan Karbohidrat

https://www.infogizi.comPenyakit-penyakit yang berhubungan dengan karbohidrat, ada yang bertalian dengan kuantitas serta kualitas karbohidrat, dan ada karena gangguan pada metabolisme.

Penyakit-penyakit karena ketidak seimbangan antara konsumsi dan kebutuhan energy, ialah protein energy malnutrition (PEM) atau penyakit kurang kalori dan protein (KKP) dan penyakit kegemukan atau obesitas, sedangkan yang termasuk gangguan metabolisme karbohidrat ialah penyakit gula atau diabetes mellitus, lactose intolerance dan beberapa lainnya.

Penyakit kurang kalori dan protein (KKP). Protein Calori Malnutrition (PCM). Protein energy Malnutrition (PEM)

Penyakit kurang kalori dan protein (KKP) ini pada dasarnya terjadi karena defisiensi energy dan defesiensi protein, disertai susunan hidangan yang tidak seimbang.

Penyakit kurang kalori dan protein (KKP) terutama menyerang anak-anak yang sedang tumbuh, dan dapat pula menyerang orang dewasa, yang biasanya kekurangan makanan secara menyeluruh.

READ:  Keseimbangan Asam Amino dalam Tubuh

Penyakit ini terutama terjadi karena konsumsi bahan pangan pokok beras yang tidak cukup memenuhi kebutuhan. Telah kita ketahui bahwa bahan pangan pokok beras di Indonesia memberikan 70-80% dari total kalori didalam hidangan dan sebesar itu pula iurannya terhadap total protein. Karena itu kekurangan konsumsi beras ini memberikan kekurangan energy dan protein sekaligus.

Penyakit ini terutama menyerang anak-anak yang sedang tumbuh pesat (BALITA), terutama yang berumur 2-4 tahun. Kalau menyerang orang dewasa, gambaran klinik penyakit itu berbeda dengan yang terlihat pada anak-anak.

Penyakit pada orang dewasa memberikan gambaran klinik oedema kelaparan ( honger oedema, H.O), karena gejala oedema tampak menonjol pada sebagian besar penderita.