Kadar dan Fungsi Karbohidrat Di Dalam Tubuh

https://www.infogizi.comPenentuan karbohidrat di dalam makanan.

Kadar karbohidrat di dalam makanan tidak ditentukan secara langsung, tetapi dengan metode yang disebut “carbohydrate by difference”. Disini karbohidrat mencakup yang dapat dicerna dan yang tidak dapat.

Maka dalam menghitung energy yang akan dihasilkan oleh karbohidrat didalam makanan terdapat kesalahan yang bersumber dari kesalahan system.

Kesalahan ini dapat mencapai proporsi signifikan pada bahan makanan nabati. Karbohidrat yang tidak dapat dicerna, tidak dapat menghasilkan energy, jadi tidak memberikan iuran kepada nilai energy seluruh bahan makanan.

Fungsi Karbohidrat didalam tubuh

Didalam tubuh karbohidrat merupakan salah satu sumber utama energy. Dari tiga sumber utama energy yaitu karbohidrat, lemak dan protein; karbohidrat merupakan sumber energy yang paling murah.

READ:  Makanan yang Wajib untuk Ibu Hamil

Karbohidrat yang tidak dapat dicerna, memberikan volume kepada isi usus, dan rangsangan mekanis yang terjadi, melancarkan gerak peristaltic yang melancarkan aliran dubur makanan (chymus) melalui saluran pencernaan serta memudahkan pembuangan tinja (de-faekasi).

Karbohidrat juga merupakan bagian dari struktur sel, dalam bentuk glycoprotein. Reseptor selular yang terdapat pada permukaan membrane sel, adalah suatu glycoprotein, dan diantaranya merupakan reseptor bagi hormone.

Simpanan energy di dalam otot dan hati terdapat sebagai glikogen, salah satu bentuk karbohidrat yang mudah dimobilisasikan bila badan memerlukan banyak energy. Cadangan karbohidrat ini tidak begitu besar, sehingga cepat menjadi susut.