Makanan untuk Pekerja Berat

https://www.infogizi.comEnergy dalam jumlah besar terutama diperlukan untuk kerja otot skelet yang melakukan kerja luar. Kita lihat bahwa para pekerja kasar memerlukan bahan makanan pokok ini dalam jumlah besar untuk sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan berat.

Bahan makanan penghasil zat gizi pembangun adalah sumber protein. Protein structural diperlukan dalam membangun struktur sel, sedangkan protein metabolic diperlukan terutama dalam proses metabolic.

Anak-anak yang sedang tumbuh dan ibu hamil serta ibu menyusui memerlukan protein ini dalam jumlah relative besar. Karena itu kebutuhan kelompok rentan gizi akan bahan makanan penghasil zat gizi pembangun juga meningkat; bahan makanan jenis ini ialah daging dan organ dalam, ikan, telur dan susu, yang semuanya merupakan bahan makanan hewani.

READ:  Pemeriksaan Kesehatan Gizi

Bahan makanan penghasil zat gizi pembangun dapat pula bersifat nabati, ialah kacang-kacangan pada umumnya. Meskipun protein hewani pada umumya mempunyai nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati, tetapi campuran beberapa jenis sumber protein nabati dapat menghasilkan campuran protein yang mempunyai nilai gizi yang cukup memadai, tidak jauh dari nilai protein hewani.

Bahan makanan penghasil zat gizi pengatur ialah sayur dan buah terutama buah cuci mulut. Zat gizi pengatur ini menjalankan dan mengatur proses-proses metabolisme tubuh. Bila zat-zat pengatur ini kekurangan, akan timbul berbagai penyakit defisiensi gizi.