Bahan Makanan Berdasarkan Fungsi dan Gizinya

https://www.infogizi.comZat Makanan

Setelah dikonsumsi di dalam alat pencernaan, bahan makanan diurai menjadi berbagai zat makanan atau zat gizi atau nutrient. Zat makanan inilah yang diserap melalui dinding usus dan masuk ke dalam cairan tubuh. Di dalam jaringan, zat-zat makanan memenuhi fungsinya masing-masing.

Fungsi-fungsi zat makanan secara umum :

1. Sebagai sumber energi atau tenaga

2. Menyokong pertumbuhan badan

3. Memelihara jaringan tubuh, mengganti yang rusak atau aus terpakai

4. Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan misalnya  keseimbangan air, keseimbangan asam basa dan keseimbangan mineral didalam cairan tubuh.

5. Berperan didalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit, misalnya sebagai antitoksin dan antibodies.

Penggolongan lain dari bahan makanan berdasarkan fungsi dan zat gizinya atau yang lebih dikenal dengan Triguna Makanan :

READ:  Fungsi Zat Gizi Bagi Tubuh Kita

1. Zat gizi penghasil energi, yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Zat gizi  penghasil energi ini sebagian besar dihasilkan oleh bahan makanan pokok.

2. Zat gizi pembangun sel, terutama diduduki oleh protein, sehingga bahan pangan lauk pauk tergolong dalam bahan makanan sumber pembangun.

3. Zat gizi pengatur, kelompok ini termasuk vitamin dan mineral yaitu sayur dan buah.

Kalau tubuh tidak cukup mendapat zat-zat gizi, maka fungsi-fungsi itu akan menderita gangguan dan hambatan, mulai dari fungsi nomor satu, dan menjalar kearah bawah dalam deretan itu.