Bagaimana Membersihkan, Mensterilkan, dan Menyimpan Botol Susu

Sangat penting bahwa semua peralatan yang digunakan untuk memberikan dan menyiapkan makanan bayi (misalnya botol, tutup botol) telah dib ersihkan dan disterilkan dengan seksama sebelum digunakan. Mencuci dan mensterilisasi peralatan membunuh bakteri berbahaya yang dapat tumbuh dan membuat anak sakit.

• Mencuci
Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air keringkan dengan menggunakan lap kering. Cuci semua peralatan yang digunakan untuk memberi dan menyiapkan makanan denganseksama dengan menggunakan air sabun yang panas, Gunakan sikat botol dan dot yang bersih untuk menggosok bagian dalam dan luar botol serta dot untuk meyakinkan semua sisa makanan telah dibersihkan dari bagian yang sulit dijangkau. Bilas seluruhnya dengan air bersih.

• Sterilisasi
Peralatan yang sudah dicuci dapat disterilkan dengan menggunakan alat yang ada di pasaran (dengan mengikuti petunjuk penggunaan) atau dengan panci dan air mendidih. Isi panci yang besar dengan air. Tempatkan peralatan makan dan persiapan makan yang sudah dicuci ke dalam air. Pastikan semua permukaan peralatan terendam dalam air dan tidak ada gelembung air. Tutup panci dan biarkan hingga mendidih, pastikan air di panci tidak habis menguap Biarkan panci tertutup hingga peralatan makan akan digunakan

READ:  Strategi Dalam Melakukan Pemilihan Susu Formula

• Penyimpanan
Cuci dan keringkan tangan Anda sebelum memegang peralatan makan yang sudah disterilkan. Dianjurkan Anda menggunakan penjepit yang sudah disterilkan untuk memegang peralatan yang sudah disterilkan. Jika Anda memindahkan peralatan makan dari alat pensteril sebelum Anda membutuhkannya, taruhlah di tempat kering yang tertutup. Rakit seluruh botol susu jika Anda memindahkannya dari alat pensteril sebelum Anda membutuhkannya. Hal ini akan mencegah bagian dalam botol, bagian luar dan dalam dot menjadi tercemar lagi.