Makanan yang Baik Saat Usia 40 Tahun

Makanan yang Baik Saat Usia 40 TahunSeperti yang kita ketahui bersama, usia 40 tahun adalah tonggak berisiko bagi peningkatan masalah kesehatan seseorang. Banyak orang demikian sibuk dengan berbagai urusan, pekerjaan, urusan orang tua, membesarkan anak atau semuanya sekaligus, sehingga melupakan masalah kesehatan pribadi.

Saat memasuki usia 40-an, seseorang harus lebih bijaksana memilih makanan yang masuk dalam tubuh. Hal ini dilatarbelakangi sistem pertahanan tubuh yang tak sebagus saat usia 20 dan 30-an dan lebih mudah terkena penyakit.

Makanan yang alami dan menghindari makanan olahan merupakan salah satu pilihan makanan yang diutamakan seseorang yang usianya sudah menyentuh angka 40. Tak hanya itu, masih ada lagi makanan yang harus di konsumsi saat usia seseorang sudah lebih dari 40.

Berikut adalah sejumlah daftar makanan yang harus makan saat Anda berada di usia 40-an :

  • Makanan dengan sedikit garam di dalamnya

Saat sudah berusia 40-an, Anda perlu mengonsumsi makanan yang memiliki garam lebih sedikit di dalamnya. Hal itu karena seseorang rentan mengalami kembung dan ini adalah alasan Anda harus jauh dari makanan asin. Jika konsumsi makanan asin, pastikan Anda meminum banyak air. Sebab saat minum air, cairan dalam tubuh Anda juga bisa membersihkan. Sehingga Anda bisa mengurangi jumlah asupan garam secara bertahap dan memilih makanan di dalamnya dengan sedikit kandungan garam.

  • Tingkatkan asupan kalsium

Anda perlu meningkatkan kandungan makanan yang kaya kalsium saat usia 40-an. Pastikan Anda tak berlebihan karena terlalu banyak kalsium dalam tubuh juga bukan hal yang baik. Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung kalsium ketimbang konsumsi suplemen. Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan jumlah kalsium yang dibutuhkan untuk tubuh Anda. Sementara itu, telur, produk susu adalah pilihan yang baik untuk menambahkan kandungan kalsium dalam tubuh.

  • Kurangi minum alkohol

Saat usia Anda sudah masuk ke-40, Anda harus mencemaskan jumlah minuman keras yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, tubuh tak bereaksi dengan cara yang sama seperti saat Anda masih muda dan alkohol bisa memiliki efek yang jauh lebih merusak. Oleh karenanya, kurangilah meminum alkohol. Jika Anda masih merasa perlu untuk minum, minumlah bir ringan dan anggur merah. Jangan lupa di selingi minum banyak air, sehingga Anda akan minum alkohol dengan jumlah lebih sedikit.

  • Makanan alami

Anda harus mulai mengonsumsi lebih banyak makanan alami saat usia 40-an. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan. Hal itu karena makanan olahan mengandung lemak yang disimpan di bagian perut dan paha, di mana lemak di daerah itu sulit untuk disingkirkan. Untuk itu, beralihlah mengonsumi makanan alami sehingga Anda bisa menyingkirkan kelebihan lemak lebih mudah.

READ:  Mengolah Daging Ikan Untuk Makanan

Di samping itu, makanlah dengan pola diet seimbang yang kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, dan berolahraga secara teratur. Bila Anda bisa melakukan semua hal itu, makan Anda tak perlu terlalu khawatir tentang apa yang harus dimakan dan tak makan saat usia Anda berada usia 40-an.