Vitamin yang Baik Untuk Pertumbuhan Bayi

Vitamin yang Baik Untuk Pertumbuhan BayiKhusus bagi seorang ibu, kesehatan dan pertumbuhan bayi adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu banyak para orangtua khususnya ibu-ibu sangat memperhatikan nutrisi makanan yang diberikan untuk bayinya, bahkan tidak jarang ada yang memberi suplemen bayi.

Mereka beranggapan bahwa bayi yang sehat adalah bayi yang gemuk, sehingga jika bayi mereka kurus segera diberi suplemen bayi seperti mineral dan vitamin bayi.

Sebenarnya vitamin sudah didapatkan semuanya dari Air Susu Ibu atau ASI. Oleh karena itu, vitamin tambahan sebenarnya tidaklah diperlukan. Akan tetapi, ada juga sejumlah dokter yang menyarankan untuk memberi vitamin tambahan pada bayi sebagai nutrisi tambahan dan untuk menjaga daya tahan dari  Bayi.

READ:  Susu Formula Tak Dapat Menggantikan Manfaat ASI

Air Susu Ibu sangatlah penting untuk diberikan pada bayi setidaknya pada enam bulan pertama. Berdasarkan penelitian, memberikan pada bayi vitamin, nutrisi, zat besi, juice, atau flouride tidak banyak memberi manfaat kesehatan pada bayi yang masih menyusu pada enam bulan pertamnaya. Dan bahkan, jika diberikan  dengan asal-asalan, justru malah bisa menimbulkan resiko.

Akan tetapi, jika bayi lahir dengan prematur atau mengalami kekurangan berat badan, maka memberikan vitamin dan nutrisi pada bayi diperlukan. Caranya, tambahkan vitamin atau mineral tersebut pada susu ibu setelah disapih terlebih dahulu.

Berikut ini adalah sejumlah vitamin bayi yang baik untuk tumbuh kembangnya :

1.   Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk perkambangan mata bayi. Selain itu, vitamin ini juga membatu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

READ:  Makanan Pendamping ASI yang Baik Untuk Bayi

2.   Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh bayi. Vitamin B ini perlu diberikan sejak ibu hamil. Vitamin B diperlukan untuk menciptakan kekebalan tubuh bayi dan pembentukan sel darah.

3.   Vitamin C

Vitamin yang juga disebut dengan Ascorbic Acid ini bermanfaat untuk menyembuhkan luka, menjaga kesehatan gigi, menambah daya tahan tubuh terhadap infeksi, serta menjaga kesehatan pembulh darah.

4.   Vitamin D

Tambahan vitamin D diperlukan hingga 200 IU per hari jika ASI yang diberikan kurang dari 17 ons setiap harinya. ASI mempunyai banyak kandungan vitamin D.

6.   Vitamin E

Vitamin ini bermanfaat dalam membentuk kekebalan tubuh bayi.

5.   Vitamin K

Vitamin K adalah salah satu vitamin yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Vitamin ini, perlu diberikan saat bayi baru lahir. hal tersebut untuk mencegah terjadinya pendarahan internal dalam tubuh bayi yang baru lahir.

READ:  ASI Vs Susu Formula

Itulah sejumlah Vitamin Bayi  yang baik dan yang diperlukan untuk menjaga tumbuh kembang bayi tetap baik.