Makanan Pendamping ASI yang Baik Untuk Bayi

Makanan Pendamping ASI yang Baik Untuk BayiMakanan pendamping ASI bayi (MPASI) diberikan menurut umur jabang bayi, banyak sekali anjuran dari orang tua atau mertua untuk memberikan MPASI atau makanan untuk bayi pada umur 4 bulan. Namun sudah tahukah anda menurut dokter bahwa umur paling tepat untuk memberikan makanan selain ASI adalah pada umur 6 bulan.

Saat bayi sudah berumur 6 bulan, ibu sudah boleh mengenalkan makanan pada bayi sebagai pendamping ASI. Karena pada usia itu, saluran pencernaan serta enzim bayi sudah cukup matang. Selain itu, kemampuan motoriknya juga sudah mulai siap untuk mengonsumsi makanan.

Bayi yang kepala serta duduknya sudah tegak, maka secara psikologis bayi sudah siap untuk mengonsumsi makanan selain ASI.

Pada pemberian MPASI pertama usahakan menggunakan buah asli seperti pisang yang sering kali digunakan sebagai pengenal makanan padat pertama selain lunak dan juga mudah dicerna pisang memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi.

Setelah bayi mengenal makanan padat maka seiring berjalannya waktu bisa ditambah tingkat kepadatannya sehingga fungsi pencernaan bayi yang mulai kuat mampu memproses makanan secara baik. Menggunakan makanan yang tim atau dikukus untuk memberikan tingkat kepadatan makanan yang cukup, usahakan gunakan bahan makanan yang segar dan juga mempunyai kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi bayi Anda.

READ:  Pengertian Karbohidrat Dalam Ilmu Gizi

Makanan pendamping ASI yang perlu untuk dikenalkan pada bayi pertama kali sebaiknya yang lengkap dengan kandungan atau komposisi karbohidrat, lemak, protein serta zat besi. Adalah hal yang baik bila Anda memperkenalkan makanan bayi dalam porsi kecil lebih dulu dan sebaiknya berikan makanan bayi secara bertahap.

Makanan Pendamping ASI Bayi

Berikut ini beberapa makanan yang cocok diberikan pada bayi sebagai pendamping ASI pada usia 6 bulan – 12 bulan :

  • Bubur Tepung Beras. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi maka dapat menunjang untuk kebutuhan energi pada bayi. Sehingga kebutuhan energi dari bayi tetap terjaga dan terpenuhi.
  • Puree buah. Banyak sekali puree buah yang bisa diberikan ke pada bayi salah satunya yaitu pisang yang dihaluskan menggunakan sendok ataupun di lunakkan menggunakan blender sehingga bayi tidak tersedak disaat mengenal makanan padat pertamanya.
  • Puree Sayur. Sama seperti buah banyak sekali alternatif puree sayur yang cocok untuk bayi. Seperti bayam, wortel, tomat dan lain sebagainya yang bisa diberikan kepada bayi dengan cara mengukusnya terlebih dahulu hingga lunak dan di haluskan sebelum diberikan kepada bayi.
  • Jus. Jus dapat diberikan pada bayi berumur 8 bulan keatas dimana organ pencernaan sudah mulai kuat untuk menerima makanan dengan konsentrasi asam tinggi. Nah ada baiknya tetap memberikan jus yang tidak berlebihan tingkat keasamannya, campurkan susu sapi murni bila perlu saat memberikan juz pada bayi.
  • Puding. Cara pembuatan yang tidak sulit serta dapat dengan mudah dicerna bayi makanan satu ini juga cocok sebagai pendapmbing ASI.
  • Cookies. Kue kering bisa diberikan kepada bayi jika sudah mampu memegang benda sendiri dan mengerti bahwa itu bisa dimakan. Arahan orang tua yang bisa memberikan pengertian pada bayi, biasanya kue seperti regal dan juga kue khusus bayi bisa diberikan langsung tanpa perlu dihaluskan terlebih dahulu.
  • Nasi Tim. Nasi tim atau dikukus diberikan pada bayi berumur 12 bulan dengan tingkat kepadatan yang tinggi sehingga bayi siap untuk makan–makanan padat keluarga lainnya namun tetap dalam kondisi lunak dan mudah dicerna.
READ:  Kandungan Gizi Kecap

Masih ada banyak lagi makanan pendamping ASI yang baik untuk  bayi, namun beberapa rekomendasi sudah saya bahas dan paparakn seperti diatas. Tetap berkonsultasi dengan dokter jika terjadi hal yang tidak sebagaimana mestinya pada buah hati Anda sehingga tidak menagalami kejadian yang bisa mencelakai buah hati Anda.