Penuhi Gizi Seimbang di Hari Lebaran

Penuhi Gizi Seimbang di Hari LebaranMerayakan hari kemenangan tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh semua ummat islam di Dunia  dihari lebaran tidak lepas dengan makanan yang lezat-lezat diatas meja makan yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan lain sebagainya.

Dari makanan cemilan tergolong bahan yang digunakan tepung, gula pasir/halus, telur , mentega, santan dan keju. Makanan utama soto, nasi sup, buras,ketupat sayur lengkap dan lontong. Belum lagi lauk hewani yang penuh akan lemak tinggi dari bahannya sendiri (lemak hewani) dan media pengolahnya menggunakan santan,mentega dan minyak goreng yang banyak, seperti rendang, bistik.olahan bumbu merah.olahan santan lainya, serta sayuran yang bersantan, namun itu pun Tidak lengkap kalau tidak ada penutup yang aduhai , seperti es buah, sirup,minum kaleng.

READ:  Imbangi Kebutuhan Gizi Anak Anda Selama Puasa Ramadhan

Hal penting buat kita harus ketahui merayakan hari kemanangan kita, kondisi kesehatan tubuh kita tetap sehat setelah lebaran sediakalanya seperti sebelum puasa. Bagi yang punya penyakit tertentu tidak menjadikan peningkatkan keluhan yang dirasakan.

Hendaknya setelah lebaran kondisi tubuh kita menjadi sehat dan fit Secara cerdas buat Anda semua bisa dengan cara yaitu :

1. Kontrol berat badan Anda diharapkan tidak terjadi kenaikan kalau toh naik jangan terlalu banyak (1- 2 kg) agar setelah selesai lebaran dapat mengembalikan berat badan seperti semula yang diinginkan, karena akan menjalankan puasa sunnah.

2. Kontrol secara individu nafsu makan Anda, jangan menjadikan ajang untuk lepas kontrol pada asupan makanan ke tubuh. Dengan dalih hari lebaran bebas makan makanan semua tanpa peduli

READ:  Alasan Penting Dibalik Larangan Mengkonsumsi Gula Rafinasi

3. Kontrol pilihan makanan dengan tidak mengurangi kaidah dalam merayakan hari lebaran

4. Sadari lambung Anda punya tempat selain makanan dan perut Anda jangan jadikan sebagai Tong sampah, apa-apa masuk tanpa ada jeda waktu.

5. Perhatikan setiap kali yang Anda makan, tekankan pada makan utama Anda, makanan selingan , dan minuman manis ,yang menganut pedoman gizi seimbang, aman.