5 Top Brand Susu Pertumbuhan Anak di Indonesia


Produk olahan susu kini telah ditawarkan dalam beragam produk dengan aneka trik marketing -dengan dikemas dalam bentuk mulai dari susu ibu hamil, susu pertumbuhan, susu untuk laki-laki, hingga susu manula. Dari sekian banyak ‘trik marketing’ susu tersebut, yang pertumbuhan volume penjualannya paling tinggi adalah susu untuk pertumbuhan anak, yang tumbuh hingga 9,9%.Bandingkan dengan penjualan susu bubuk, yang berdasarkan data dari The Nielsen Indonesia, pertumbuhan susu bubuk secara total, secara volume yang ‘hanya’ sebesar 6,6%. Data pertumbuhan tersebut dihitung dari periode 2010 dibanding 2009. Terlihat, bahwa pertumbuhan susu bubuk dengan segmen anak, melebihi pertumbuhan total seluruh susu bubuk.

Produsen susu pertumbuhan di Indonesia cukup bervariasi, misalnya Nestle dengan Dancow 1+, Dancow 3+, dan Dancow 5+; Frisian Flag dengan Bendera 123 dan Bendera 456; Sari Husada dengan SGM 2, SGM 3, dan SGM 4; Nutricia dengan Bebelac dan Nutrilonnya; serta lainnya.

Dari hasil riset The Nielsen Indonesia pada Triwulan I 2010, diperoleh lima top brand susu pertumbuhan anak di Indonesia, yakni Dancow, Bendera, SGM, Bebelac, dan Nutrilon. Baru kemudian diikuti oleh Child kid, Pediasure, Sustagen, Procal, dan Enfagrow. Dua merek milik Nutricia, yakni Bebelac dan Nutrilon pemegang pertumbuhan tertinggi pada 2009, karena angka pertumbuhannya mencapai angka dua digit, yakni Bebelac 46,4% dan Nutrilon mencapai 20,2%.


Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply